Kamis, 11 Oktober 2012

Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

I. Penjelasan

*Penduduk Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:

-Orang yang tinggal di daerah tersebut

-Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut.

Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.

Dalam Sosiologi penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Meliputi di dalamnya ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu.

Permasalahan yang biasanya di bahas dalam penduduk antaralain: Kepadatan penduduk, Pengendalian jumlah penduduk, Penurunan jumlah penduduk, Transfer penduduk, Ledakan Penduduk.

** Masyarakat Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.

*** Kebudayaan Kebudayaan adalah hasil cipta,rasa,karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada beberapa pengertian atau definisi dari konsep kebudayaan: -James P.Spradley mendefinisikan kebudayaan sebagai sistem ide atau gagasan.Sistem itu berfungsi sebagai pedoman dan penuntun masyarakat untuk bersikap dan berprilaku.

-Linton berpendapat bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan dari pengetahuan,sikap,dan prilaku yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota masyarakat tertentu.

-Herskovits mengemukakan kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.

-Koentjaraningrat mengatakan bahwa menurut ilmu antropologi “kebudyaan” adalah keseluruhan sistem,gagasan,tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

.'. Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lain. Penduduk bertempat tinggal di dalam suatu wilayah tertentu dalam waktu yang tertentu pula, dan berkemungkinan akan terbentuknya suatu masyarakat di wilayah tersebut. Demikian pula hubungan antara masyarakat dengan kebudayaan, ini adalah hubungan dwi tunggal, yang merupakan kebudayaan adalah hasil dari masyarakat. Kebudayaan bisa terlahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat, sebaliknya tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan. Jadi, hubungan antara masyarakat dan kebudayaan merupakan hubungan yang saling menentukan.

Sumber: http://celoteh-galang.blogspot.com/2012/10/apa-penduduk-masyarakat-kebudayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar